JellyPages.com

Kamis, 21 Maret 2013

Di Balik Ramainya Pawai Ogoh-Ogoh

Dalam Perjalanan Liburan di Bali tgl 9-13 yang lalu, saya dan beberapa teman-teman, berkesempatan untuk melihat pawai ogoh-ogoh.

Pawai yang rutin di lakukan oleh masyarakat Bali setiap tahunnya, mempunyai makna tersendiri bagi mereka, dan saya melihat hal lain di balik ramai pawai ogoh-ogoh tersebut.

Ketika saya memutuskan pulang lebih awal sebelum pawai tersebut selesai., saya melihat seorang ibu-ibu asyik menyapu di gelapnya malam. Saat itu jam di tangan saya menunjukkan pukul 11.Wita. Saya tersenyum dan kagum akan pemerintah setempat yang perduli dengan kebersihan kota tersebut. Tidak perlu menunggu esok hari untuk membersihkannya, malam itupun langsung di kerjakan tanpa menunggu selesai acara.

Dan Terjawab sudah apa yang menjadi pertanyaan teman-teman saya sewaktu melintasi sebagian barat dan utara pulai Bali , trip yang kami lakukan waktu itu, Teman-teman begitu kagum dengan jalan-jalan yang mulus, yang bersih, mereka bertanya bagaimana bisa setengah pulau ini bisa kompak dengan kebersihan jalan-jalannya ? , Saat teman-teman bertanya, waktu itu saya jawab bahwa setiap desa atau Banjar mempunyai kewajiban gotong royong setiap minggunya untuk membersihkan lingkungan mereka , "Ngayah" adalah  Gotong royong yang di sebut masyarakat setempat. Dan ternyata bukan hanya ngayah dilakukan oleh masyarakat Bali, tapi pemerintah setempat juga perduli dengan setiap kebersihan setelah pelaksanaan kegiatan yang besar, yang biasanya membuat jalan-jalan penuh dengan sampah. seperti salah satu contoh pawai ogoh-ogoh. Tidak perlu esok harinya, upacara belum selesaipun petugas kebersihan sudah siap melaksanakan tugas. Walaupun di tengah malam , seperti apa yang saya saksikan sendiri saat itu.

Dan dengan itu  Cantiknya pulai Dewata Bisa tetap terjaga.

Pulau yang Cantik didukung dengan kebersihan yang di jaga, maka lengkaplah Keindahan  Bali yang selalu di kenang oleh Banyak Orang.

Bagaimana dengan Kota atau pulau yang lain ?
Semoga masyarakat di kota lain, selalu menjaga kebersihan lingkungan mereka masing-masing, karena dengan menjaga kebersihan, INDONESIA yang mempesona ini bisa selalu di kenang.

1 komentar:

  1. harapanku jg hampir sama...
    dan jujur aku hanya bisa berharap dan berdo'a

    BalasHapus